Home » » Foto Ujian Pertama Tank M-113 (Gavin) Alutsista Terbaru TNI

Foto Ujian Pertama Tank M-113 (Gavin) Alutsista Terbaru TNI

Militer Indonesia - Pasca-perayaan HUT TNI, alutsista terbaru TNI, yakni Tank M-113 yang dipanggil Gavin, langsung mendapatkan ujian ketangguhan pertama di Pusdikkav, Bandung, Jabar. Dalam ujian pertama ini, Gavin berhasil mengatasi segala tantangan yang diberikan dengan baik.

Tantangan ini di antaranya adalah menanjak dengan kemiringan 60 derajat, melewati jalanan tak rata, sampai ujian amfibi. Tank angkut pasukan ini sengaja dibenamkan dalam lumpur lalu direcovery oleh Ranpur sejenis. Semua tantangan ini merupakan refleksi dari kenyataan sesungguhnya yang bakal dihadapi di medan pertempuran lapangan.

Menurut informasi yang dikutip Blog Militer Indonesia dari ARC, kesatuan TNI-AD telah berencana mengakuisisi 80 unit tank M-133. Di mana, nantinya, bersama Marder dan Anoa, tank M-113 akan menjadi inti kekuatan Batalyon Infantri Mekanis. Selain itu, M-113 yang diperoleh TNI-AD ternyata rakitan Belgia. Di mana usia rata-rata M-113 ini cukup muda, yaitu buatan akhir tahun 1980-an. Kelebihan lainnya dari alutsista terbaru TNI ini adalah, karena digunakan negara yang relatif damai, Ranpur ini memiliki usia komponennya cukup panjang. Banyak diantaranya bahkan belum sampai menempuh jarak 10 ribu km.

Selama ini, Belgia menyimpan ranpur-ranpurnya dengan cukup apik, sehingga sangat layak digunakan langsung. Belgia sendiri pernah mengoperasikan hingga lebih dari 500 unit M-113. Belgia juga memodifikasi M-113 miliknya dengan perbaikan suspensi dan proteksi.

Berikut foto-fotonya yang dikutip dari ARC.

Foto Ujian Pertama Tank M-113 (Gavin) Alutsista Terbaru TNI

0 komentar:

Post a Comment