Home » , , » Tahun 2014 Indonesia Tambah Alutsista TNI Terbaru 24 Pesawat Tempur

Tahun 2014 Indonesia Tambah Alutsista TNI Terbaru 24 Pesawat Tempur

Analisapublik.com
Pada 21 Oktober 2013, Purnomo Yusgiantoro selaku Menteri Pertahanan Republik Indonesia menyatakan jika akan ada penambahan alutsista terbaru Indonesia di skuadron Sumatera sebanyak 24 pesawat tempur jenis F-16. Tujuannya meningkatkan kekuatan militer Indonesia di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia. Hal ini disampaikan Menhan selepas meresmikan Gedong Pusaka Padepokan Sangga Langit di rumah Begug Purnomosidi, Jl. A. Yani 41 Wonokarto, Wonogiri.

Ke-24 pesawat tempur jenis F-16 tersebut jelas melengkapi alutsista TNI terbaru, khususnya TNI AU, di samping penambahan pesawat tempur Sukhoi, Hawk, dan pesawat angkut pasukan dari jenis Hercules. Dikatakan Menhan jika penambahan pesawat ini tidak dimaksudkan untuk melakukan ekspansi, melainkan untuk meningkatkan pertahanan Indonesia.

Penambahan pesawat ini masih dalam rangka program memodernisasikan alutsista Indonesia dalam lima tahun terakhir dengan anggaran sebesar Rp 150 triliun. Di mana, anggaran tersebut dipecah untuk memodernisasi alutsista terbaru TNI, baik Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat. Saat ini,  peta kekuatan militer Indonesia berada di posisi 15 hingga 19 besar dunia. "Di kawasan Asia Pasific, Indonesia menempati level middle. Sebab, di sana ada kekuatan lain yang belum bisa ditandingi, yaitu Amerika dan Rusia," demikian Menhan mengatakan.

Sedikit membahas tentang wajib militer, Menhan mengatakan, jika di Indonesia ini tidak ada yang namanya wamil. Yang ada hanyalah tentara cadangan. Menurut rencana, Indonesia bakal merekrut kurang lebih 1.000 sampai 2.000 calon tentara cadangan. Nantinya mereka akan dibekali latihan kemiliteran dan menandatangani kontrak. Tenaga cadangan ini dibutuhkan untuk saat-saat genting saat negara membutuhkan penanganan bencana alam non perang. Intinya, jika berbicara perang untuk mempertahankan kedaulatan negara, Indonesia masih tetap mempercayakannya pada pundak para personel TNI.

1 komentar:

  1. Musuh2 dlm slimut NKRI adalah yg paling dekat Singapura, Malaysia dan Australia dg ASnya. Cepat atau lambat NKRI akan menjadi negara besar sejalan dg bermunculan Anak2 Bangsa setingkat Ir Soekarno, akan menata perekonomian yg bergaya koperasi sdh banyak di kembangkan dikawasan asia tenggara, atau juga dikembangkan oleh orang2 Tionghoa Indonesia cara berdagangnya dan negara NKRI hrs segera mengambil alih utk menata perekonomian dunia yg sedang lesu. Contoh. Pengusaha2 kecil NKRI masih jaya, dlm situasi perekonomian dunia yg sulit ini dan bila didukung oleh negara maka koperasi akan spt Cina akan memberikan kekuatan perekonomian dunia. Salam NKRI.................

    ReplyDelete