Home » , » Ng Eng Hen: Singapura Takkan Mengizinkan Kapal Perang KRI Usman Harun Melintasi Wilayah Lautnya

Ng Eng Hen: Singapura Takkan Mengizinkan Kapal Perang KRI Usman Harun Melintasi Wilayah Lautnya

Ketegangan Indonesia-Singapura terkait penamaan KRI Usman-Harun belumlah selesai. Pada 18 Februari 2014, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan bahwa kapal perang Usman Harun dilarang memasuki pelabuhan-pelabuhan dan pangkalan-pangkalan AL Singapura.

Ng Eng Hen: Singapura Takkan Mengizinkan Kapal Perang KRI Usman Harun Melintasi Wilayah Lautnya
Ng Eng Hen | Straitstimes

"Singapura tak akan mengizinkan kapal tempur bernama Usman Harun ini untuk meminta masuk ke pelabuhan-pelabuhan dan pangkalan-pangkalan Angkatan Laut," kata Ng saat berpidato di depan parlemen Singapura, yang dikutip kantor berita AFP, yang dikutip Detik.

Lebih lanjut Ng menyatakan bahwa militer Singapura (SAF) takkan sudi melakukan latihan bersama kapal militer Indonesia tersebut. "Mustahil bagi SAF (Singapore Armed Forces) sebagai pelindung negara ini untuk berlayar berdampingan atau melakukan latihan bersama kapal ini."

Ng juga menyatakan dalam pidatonya yang emosional itu bahwa Kemenhan Singapura dan SAF kecewa atas penamaan kapal perang Indonesia dengan nama Usman-Harun. Walaupun hal itu tidak bertujuan buruk, tapi nama tersebut takkan bisa membangun hubungan baik kedua negara. Pejabat tinggi Singapura itu menegaskan bahwa keberadaan KRI Usman Harun akan mengingatkan Singapura atas agresi militer dan kejahatan yang dilakukan dua marinir Indonesia itu.

4 komentar:

  1. Sugianto HarisantosoMarch 13, 2014 at 2:29 AM

    Inggris/AS, mulai menggunakan embargonya thd kapal bernama Usman Harun yg sdh dibeli Indonesia dan inilah cara barat dg halus mulai meng embargo kapal2 yg sdh kita beli. Salam persatuan.............

    ReplyDelete
  2. Biarin aja lah ...
    15 tahun kedepan Indonesia suudah bisa buat Aluutsista sendiri dan masih banyak Negara yang mau berteman dengan Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Sugianto HarisantosoMay 3, 2014 at 8:50 PM

    Gampang utk menghancurkan Inggris/AS Kilang2 minyak yg ada di Indonesia hrs dinasionalisasi, dg sendirinya singapret pasti rontok karena sbg negara makelar mendpt suplay dr British Gas dan kalau sdh dinasionalisasi Inggris/AS klojotan ndak tahan atas strategi nasionalisasi NKRI

    ReplyDelete
  4. Negara sekecil kutu busuk singaopor hukum nya wajib di tenggelam kan ke dasar laut saja, emang nya dia siapa kok nglarang2 penamaan KRI segala...dasar ndak tau diri

    ReplyDelete