Home » , » KRI Sultan Thaha Syaefuddin-376 Latihan Passage Exercise (Passex) Bersama Kapal Perang Jepang

KRI Sultan Thaha Syaefuddin-376 Latihan Passage Exercise (Passex) Bersama Kapal Perang Jepang

Pada 7 Mei, telah diberitakan latihan Passex dengan durasi 3 jam dengan lancar dan aman. Latihan Passex ini diikuti oleh dua kapal, yaitu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Thaha Syaefuddin dengan Komandan Letkol Laut (P) Ario Sasongko, S.E., M.P.M., dengan kapal perang Jepang Japan Maritime Self Defense Forces (JMSDF), JDS Sazanami (DD-113), dan JDS Samidare (DD-106), di perairan Laut Jawa.


Latihan Passex bersama kapal perang Jepang dilakukan saat KRI Sultan Thaha Syaefuddin-376 berangkat dalam rangka melakukan Operasi Rakata Jaya. Pelaksanaan Passex dilakukan materi latihan: Comms Check, Flaghoist, Photo Exercise (Photex), Tactical Manouvering (Manuvra taktis), SAU Procedure (Prosedur pencarian dan penghancuran kontak kapal selam), Semaphore, dan Sailing Pass.

Kedua kapal perang Jepang yang melakukan Passex itu adalah kapal perang jenis Destroyer Guided Missile (Perusak Kawal Rudal) yang dikomandani Commander Yasuhiro Hayashi dan Commander Takashi Saito. Kapal perang adalah merupakan salah satu unsur CTF-151 yang telah selesai penugasannya dalam Gugus Tugas Angkatan Laut Internasional, sebagai respons atas berbagai tindakan pembajakan atas pelayaran kapal-kapal di sepanjang garis pantai Somalia dan sekitar perairan Teluk Aden.[TNI]

0 komentar:

Post a Comment