Home » , , , » Pesawat Tempur Boeing 737 Surveillance Pengintai Terpercaya TNI AU

Pesawat Tempur Boeing 737 Surveillance Pengintai Terpercaya TNI AU

Pesawat Tempur Boeing 737 Surveillance Pengintai Terpercaya TNI AU
Apabila dilihat dari tampilannya, pesawat jet Boeing 737 Surveillance tidak jauh berbeda dengan pesawat komersial biasa. Namun, jika melihat kemampuannya sangatlah luar biasa. Pesawat tempur kepunyaan TNI AU ini bisa mengamati perairan Indonesia seluas 8,5 juta km persegi dari atas. Dengan kemampuannya itu, tidak mengherankan jika tiga pesawat tempur Indonesia (Boeing 737 Maritime Patrol) yang berbasis di Skadron Udara 5 Pangkalan Udara (Lanud) Hassanuddin, Makassar, ini melakukan pengamatan udara dan air untuk wilayah perairan Indonesia. Ketiganya, secara berganti-gantian mengamati secara sistematik ruang udara, permukaan daratan, maupun perairan, lokasi, atau tempat, sekelompok manusia atau obyek-obyek lain, baik secara visual, aural, fotografis, elektronis, maupun dengan cara lain.

“Tugas kami hanya mendeteksi. Hasil deteksi yang diperoleh disampaikan ke komando atas, yang akan menentukan tindakan selanjutnya. Bila perlu hasil deteksi itu dikoordinasikan dengan TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, Kepolisian RI, atau instansi terkait,” demikian Kapten (Pnb) Sumanto, Komandan Flight Operasi Skadron 5 mengungkapkan. Peran pengamatan udara itu penting bagi Indonesia untuk dapat dimanfaatkan mencegah pengambilan ikan secara ilegal oleh nelayan asing, dan untuk menggagalkan penyelundupan kayu, serta minyak yang sampai sekarang masih marak di perairan Indonesia. Skadron 5 yang berpangkalan di Lanud Hasanuddin, Makassar, menerima tiga Boeing B737-200 2X9 Surveiller untuk menggantikan Grumman UF-1 Albatross. Pesawat berjuluk "Camar Emas" ini diberi registrasi AI-7301, AI-7302, dan AI-7303. Pengiriman pesawat yang dipesan April 1981 ini dilakukan secara maraton mulai dari 20 Mei 1982, 30 Juni 1983, dan 3 Oktober 1983. Dengan bantuan kekuatan tiga pesawat militer Indonesia ini, diharapkan wilayah Indonesia bisa diamankan - sepertiga wilayah Indonesia.

Dari segi performa, Camar Emas tidak kalah garang dengan pesawat tempur pengintai yang sudah lebih dulu terkenal seperti E-8-J-STARS (Joint Surveillance and Target Attack Radar System), E-3 Sentry AWACS, Bariev A-50 Mainstay AWACS, DC-8-72F SARIGUE NG, P-3C Orion atau radar terbang masa datang Australia B737-700 Wedgetail versi New Generation B737 yang dikonversi untuk kepentingan intelijen. Tidak percaya? Intip saja alat pengendus yang diusung. Di moncong hidungnya ada radar double agent AN/APS-504 (V)5. Selain berfungsi konvensional, radar ini bisa diset mendeteksi sasaran di permukaan atau di udara. Jarak pindainya luar biasa, 256 Nm (Nano Meter). Navigasi dan komunikasinya juga kompak. Saat ini B-737 dilengkapi sistem navigasi INS LTN-72R terintegrasi dengan GPS. Karena memainkan peran penting dalam air intelligence, komunikasi tidak saja masuk kategori wajib, tapi juga harus mempunyai tingkat aksesbilitas tinggi. Untuk B-737, saluran telepon bisa terhubung langsung dengan komando pusat. Tampilan instrumen yang menawan (pilot color high resolution display), makin mempercanggih suasa kokpit.

1 komentar:

  1. Hrs sdh disiapnya penggantinya jangan sampai ada tenggang waktu dlm pergantian, ini bukan kebiasaan akan tetapi perencanaan/persiapan dan pelaksanaan sdh terkoordinir dg rapi. Salam..................

    ReplyDelete