Home » , » 3 Pesawat Kepresidenan dari Waktu ke Waktu

3 Pesawat Kepresidenan dari Waktu ke Waktu

Waktu Jusuf Kalla masih menjabat wapres, ada pengalaman buruk yang pernah dialaminya saat naik pesawat kepresidenan. Bulan Juli 2006, wapres terbang dari Jakarta ke Bandara Polonia, Medan, dengan pesawat kepresidenan Fokker 28 TNI AU.

Apa yang terjadi?

Sejumlah kaca kokpit retak. Pesawat cadangan pun dikirim dari Halim. Wapres segera mengemukakan planning lamanya yang sempat tertunda untuk mengganti pesawat kepresidenan yang sudah ada. "Umurnya kan sudah 30 tahun. Jadi, harus diganti yang lebih baik lagi," ujar Kalla ketika itu.

Sudah sejak masa Presiden Soekarno, beragam pesawat digunakan untuk kunjungan resmi. Berikut ini ulasannya.

3 Pesawat Kepresidenan dari Waktu ke Waktu

1. Pesawat Kepresidenan Bung Karno

Saat menjabat presiden, Bung Karno memakai dua pesawat kepresidenan dari jenis C-140 Jetstar. Pesawat yang diproduksi oleh Lockheed itu dinamai Pancasila dan Saptamarga. Kini, salah satu pesawat ini menghuni Museum Dirgantara di Yogyakarta. Sesudah memakai Jetstar, pesawat yang kemudian dipakai Bung Karno adalah Ilyushin Il-14, hibah dari Pemerintah Rusia. Pesawat berbaling-baling ganda yang dinamai Dolok Martimbang itu dioperasikan Skadron 17 AURI.

2. Pesawat Kepresidenan Soeharto


Presiden Soeharto menggunakan beberapa jenis pesawat. Pada masa awal pemerintahan, untuk kunjungan dalam negeri, Presiden Soeharto menggunakan Hercules C-130 milik TNI AU. Pesawat Douglas DC-8 juga sempat digunakan untuk kunjungan ke luar negeri. Kunjungan dalam negeri lainnya, Soeharto kerap menggunakan beberapa pilihan. Ada Avro RJ-185 milik Pelita Air Service.

Lalu Fokker F-28, yang dioperasikan perusahaan penerbangan Pelita Air Service. Pesawat lainnya adalah British Aerospace 146, yang mampu membawa 100 penumpang. Untuk kunjungan ke luar negeri, Soeharto menggunakan Airbus A330 milik Garuda.

3. Pesawat Kepresidenan SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih menggunakan beberapa pesawat yang digunakan pendahulunya, seperti Airbus A330-341 dan A330-300 milik Garuda. Pesawat itu dimodifikasi sesuai tingkat kebutuhan presiden dan bisa memuat maksimal 140-an penumpang. Airbus biasa digunakan SBY bila berkunjung ke luar negeri. Untuk mengunjungi pelosok Indonesia, SBY tetap memakai Avro RJ-185 milik Pelita Air Service.

Pesawat buatan tahun 1992 ini dibeli Pertamina pada era Presiden Soeharto dan dijadikan pesawat khusus kepresidenan. Semua, presiden--dari Presiden Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, hingga Megawati Soekarnoputr--memilih pesawat ini jika bepergian di dalam negeri.

Fokker 28 milik TNI AU termasuk yang masih digunakan SBY. Pesawat yang dibuat tahun 1975 biasanya dipilih untuk menemani kunjungan dalam negeri. Pesawat lain yang juga dipakai SBY adalah Boeing 737-200 milik TNI AU yang diproduksi pada 1981. Untuk helikopter, SBY biasa mengunakan helikopter Super Puma SA-330 dan SA-332 milik TNI AU.

Di penghujung kepemimpinanya, Presiden SBY mengklaim memberikan warisannya bagi penerusnya. "Kalau (pesawat) itu jadi, pada 2013, saya hanya setahun menggunakannya. Bagus kalau pemerintahan yang akan datang bisa lebih efisien dan bisa menggunakan yang lebih baik," katanya pada 13 Februari 2012. [TEMPO]

0 komentar:

Post a Comment