Home » , , , » KRI Bung Tomo 357, Mendongkrak Kekuatan Militer TNI AL

KRI Bung Tomo 357, Mendongkrak Kekuatan Militer TNI AL

Pada 29 Januari 2014, tim TNI AL dikirim ke Jerman untuk menjemput KRI Bung Tomo 357 dari jenis korvet kembali ke Indonesia. Saat ini, kapal perang Indonesia tersebut sedang diretrofit (diperbaiki) di galangan kapal Lusern.

Dikutip dari Koran-Sindo, sebelumnya KRI Bung Tomo 357 merupakan korvet kepunyaan Brunei Darussalam, KDM Nakhoda Ragam Class, yang dijual kepada militer Indonesia dengan harga sangat murah, USD 300 juta untuk tiga kapal sejenis (tidak termasuk bea retrofit). Sementara, dua kapal lainnya, KDB Bendahara Sakam dan KDB Jerambak akan menyusul selanjutnya. Dan direncanakan nantinya kedua kapal tersebut juga akan dinamai dari pahlawan nasional Indonesia, yaitu KRI Usman Harun dan KRI John Lie.

kri-bung-tomo-357-mendongkrak-kekuatan
Gambar kapal militer Indonesia.

Ditilik dari kelayakan, pihak militer Indonesia memandang kapal tersebut masih sangat layak untuk digunakan. Bahkan, sistem persenjataan dan komunikasinya lebih canggih dibandingkan korvet sigma yang dibeli dari Belanda. Yap, KRI Bung Tomo memang dibekali sistem senjata Oto Melara, VLS Mica, Exo Block II, dan torpedo Stinger.

Kedatangan kapal perang tersebut, tentu saja akan mendongkrak moral para prajurit. Sehingga, secara tidak langsung akan meningkatkan kekuatan militer Indonesia juga. Dan... kekuatan korvet ragam class yang sebanding dengan kelas sigma, van speijk, kcr, kapal selam, dan kapal untuk perang lainnya, tentu akan memperkuat daya tawar Indonesia di lautan di kancah internasional.

0 komentar:

Post a Comment