Home » » Cerita Teladan dari Edi Sudradjat, Jenderal TNI Bergaya Sederhana

Cerita Teladan dari Edi Sudradjat, Jenderal TNI Bergaya Sederhana

Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini gaya hidup mewah sudah biasa kita lihat di kalangan petinggi TNI. Meski demikian, ada juga mereka yang hidup bersahaja, apa adanya. Salah satu di antaranya adalah alm. Edi Sudradjat yang bisa dijadikan cerita teladan bagi kita semua. Gaya sederhananya bisa dilihat saat masih berpangkat Kolonel, di mana dia masih belum memiliki rumah dan numpang tidur di mess yang berada di lingkungan asrama prajurit.

Bahkan setelah berpangkat jenderal sekalipun, dia tidak pernah tidur di hotel jika mengunjungi anak buahnya di daerah. Paling-paling, mantan Pangab merangkap Menhankam ini akan tidur di barak tentara. Semewah-mewahnya, ya, di mess perwira.

Cerita teladan dari Edi Sudradjat, jenderal TNI bergaya hidup sederhana.

Ada cerita menarik, ketika Edi Sudradjat bersama-sama Sintong Panjaitan bertandang ke Vietnam untuk mengunjungi fasilitas militer di sana. Sintong mengatakan jika Edi Sudradjat sangat terkesan dengan para serdadu Vietnam yang dinilainya terkoordinir dengan baik, profesional, serta mempunyai kemampuan tempur yang sangat baik. “Dari sisi penampilan, tentara Vietnam memang kurang meyakinkan. Tapi, jangan lihat seragam mereka ... Lihat kemampuan tempur dan persenjataan mereka yang hebat!,” ujar Sintong, yang blog Militer Indonesia kutip dari Garudamiliter.

Yang menjadi perhatian Edi Sudradjat bukan hanya itu, melainkan panji milik serdadu Vietnam yang berada di barak. Panji itu bertuliskan: “Takutlah hanya kepada rakyat!” Melihat itu, dia langsung membisiki tSintong, “Tong, ini baru namanya tentara, kita harus mencontoh mereka…” pungkasnya.

0 komentar:

Post a Comment